Garam dan Reaksi Netralisasi

Pembahasan soal garam lebih sederhana dan sedikit daripada asam dan basa, kita hanya perlu mengenal sifat dan proses bagaimana garam terbentuk.

Definisi Garam

Garam adalah senyawa netral (tidak bermuatan) yang merupakan gabungan dari dua atom yang satu bermuatan positif (kation) dan yang satu bermuatan negatif (anion) yang saling berikatan melalui ikatan ionik.

Lihat gambar di bawah ini😉

Garam terbentuk dari reaksi asam dan basa. Dari gambar di atas, kita tau bahwa garam NaCl terbentuk dari ion Na+ (kation) dan ion Cl(anion). Reaksi pembentukan garam dari asam dan basa ini disebut reaksi netralisasi (walaupun pada kenyataannya tidak semua garam bersifat netral).

Dikelas juga kita udah nyobain bikin garam netral dari HCl (asam kuat) dan NaOH (basa kuat). Sewaktu diukur pHnya, pH HCl adalah 0, sedangkan pH NaOH adalah 14. Setelah dicampur, ternyata pH larutannya jadi NETRAL alias 7. garam netral memang diperoleh dari pencampuran asam kuat dan basa kuat. Kalian juga aman mengecap larutan pencampuran itu secara langsung, karena reaksinya netralisasinya emang sangat cepat. Gimana rasanya?? Sapa yang kemarin berani coba?

Buat membuktikan kalo larutan itu bener2 larutan garam, kalian menguapkan pelarutnya (air) sampai habis, dan ternyata memang dihasilkan kristal garam yang kalian hebatnya berani coba!! Gimana rasanya? Asin? Yup! Tentu aja, karena itu adalah garam dapur. Tapi jangan coba-coba kalo kalian nanti praktikum dengan CuSO4, karena meskipun rasanya manis, CuSO4 ga aman untuk dikonsumsi😉

Sifat-sifat Garam

Larutan garam dalam air adalah larutan elektrolit, alias akan membebaskan ion-ionnya sehingga mampu menghantarkan listrik. Cairan dalam tubuh kita juga larutan garam loh.. coba kamu lihat juga apa komposisi dari cairan infuge (infus) yang disuntikin ke tangan kalo dirawat di rumah sakit.. itu juga larutan garam.

Garam memiliki titik lebur yang tinggi. Oleh karenanya, ibumu ketika memasak menganjurkan untuk mengakhirkan penambahan garam. Soalnya kalo kamu nambahin garam dari awal, nanti matengnya lama.. (boros gas ntarnya).

Atom yang membentuk garam merupakan senyawa ionik dengan ikatan kuat. Ikatan ionik adalah ikatan senyawa yang paling kuat. Ikatan yang kuat ini lah yang menyebabkan titik lebur garam cukup tinggi.  Dan ternyata baik dalam bentuk leburan maupun larutan, garam dapat menghantarkan listrik.

Sifat larutan garam dapat berupa asam, basa, atau netral. Sifat ini tergantung dari jenis asam/basa kuat pembentuknya. Kalo campurannya adalah..

  1. asam kuat + basa kuat     –> garam netral
  2. asam kuat + basa lemah –> garam asam
  3. asam lemah + basa kuat –> garam basa

Cara Memperoleh Garam

Selain dengan cara pencampuran asam-basa, garam juga dapat diperoleh dari :

  • Basa + oksida asam                –> garam + air
  • Asam + oksida basa               –> garam + air
  • Oksida asam + oksida basa –> garam
  • Logam + asam                         –> garam + H2
Reaksi Netralisasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kamu pasti sering denger iklan obat maag yang katanya menetralkan asam lambung bukan? Yup! Ini adalah salahsatu aplikasi dari ilmu asam-basa-garam. Orang yang sakit maag memproduksi asam lambung (HCl) berlebih. Obat maag yang mengandung basa Mg(OH)2 akan menetralkan asam lambung (HCl) sehingga terbentuk garam MgCl2 yang bersifat netral.

Saat terjadi hujan asam, tanah yang netral menjadi asam dan akan membahayakan tumbuhan. Tumbuhan akan segera mati karenanya. Untuk menetralkan kembali tanah yang tercemar hujan asam H2SOpetani menebarkan kapur Ca(OH)ke tanah sehingga pH tanah kembali netral dengan membentuk CaSO4.

Oya, kamu pernah digigit semut atau lebah? Selama menyengat atau menggigit, semut dan lebah mengeluarkan asam format sebagai mekanisme pembelaan diri. Kalo kamu mau cepet sembuh, oleskan baking soda ke bekas gigitan atau sengatannya. Kenapa? Asam format dapat dinetralkan oleh baking soda yang bersifat basa😉

Pabrik-pabrik menghasilkan limbah asam yang tidak sedikit. Sebelum mereka membuang limbahnya ke sungai, mereka wajib mengolah limbah tersebut dengan menetralkannya dengan berbagai basa.

Apakah kamu tau, pasta gigi bersifat basa? Pasta gigi dibuat dari KOH yang bersifat basa. Mulut kita menghasilkan senyawa asam yang jika tidak dinetralkan akan merusak gigi dan gusi. Maka, pasta gigi sangat baik untuk melindungi dan menjaga kesehatan mulut dan gigi kita.

Contoh Garam dan Manfaatnya

4 thoughts on “Garam dan Reaksi Netralisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s