Ekosistem dan Kesalingtergantungan Makhluk Hidup #part1

Materi ini adalah materi kelas 7 SMP Mutiara Bunda😀

Yang akan dibahas adalah

  1. Macam-macam Komponen Ekosistem
  2. Macam-macam Ekosistem

Ekosistem adalah adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya (Hutagalung, 2010). Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. Apa saja unsur yang saling mempengaruhi tersebut? Unsur-unsur tersebut disebut juga Komponen-komponen Ekosistem.

Komponen Ekosistem dibedakan menjadi dua kelompok :

  1. Komponen biotik, mencakup semua makhluk hidup yang ada dalam ekosistem tersebut. Manusia, hewan, tumbuhan, jamur, dan bakteri merupakan contoh dari komponen biotik. Komponen biotik kelak akan memiliki peran masing-masing dalam ekosistem (sebagai produsen, konsumen, dekomposer, maupun detritus)
  2. komponen abiotik, adalah semua hal tidak hidup yang mendukung kehidupan makhluk hidup yang ada dalam suatu ekosistem. Ingat saja 4 unsur Avatar, keempatnya (angin, api, tanah, dan air) adalah komponen abiotik dalam ekosistem.

Sedangkan Ekosistem dibedakan menjadi 2 kelompok besar, yaitu :

ekosistem daratan (terestrial)

Penentuan zona dalam ekosistem terestrial ditentukan oleh temperatur dan curah hujan. Ekosistem terestrial dapat dikontrol oleh iklim dan gangguan. Iklim sangat penting untuk menentukan mengapa suatu ekosistem terestrial berada pada suatu tempat tertentu. Pola ekosistem dapat berubah akibat gangguan seperti petir, kebakaran, atau aktivitas manusia (Campbell, 2009).

Berikut adalah macam-macam ekosistem terestrial dari garis lintang paling jauh hingga ke ekuator :

  • ekosistem kutub, ciri khasnya : tertutup salju sepanjang tahun. Fauna khas ekosistem ini adalah beruang kutub (Ursus maritimus), anjing laut, singa laut, dan penguin (Megadyptes waitaha). Muka bumi yang memiliki ekosistem ini adalah daratan Arctic dan Antartic. cerita seru tentang beruang kutub lihat disini

  • ekosistem tundra; adalah ekosistem yang terdapat di daerah lingkar kutub utara dan selatan. Pada ekosistem ini tidak terdapat pepohonan yang dapat tumbuh, yang ada hanya tumbuhan kecil sejenis rumput dan lumut. Karena wilayah  tundra selalu bersuhu dingin, fauna yang terdapat di wilayah ini memiliki bulu dan lapisan lemak yang tebal untuk tetap membuat tubuhnya hangat. Fauna khas tundra adalah “Muskoxem” (bison berhulu tebal) danReindeer/Caribou (rusa kutub).

  • ekosistem taiga; Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, misalnya di wilayah negara Rusia dan Kanada. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari bioma-boma lain yang ada di bumi. Ciri khasnya adalah tumbuhan yang hidup di ekosistem ini adalah jenis konifer (keluarga pinus) yang mempunyai daun berbentuk seperti jarum dan mempunyai zat lilin dibagian luarnya sehingga tahan terhadap kekeringan. Kondisi tersebut menyebabkan hanya sedikit hewan yang dapat hidup di daerah Taiga, misalnya beruangrubah dan serigala.

  • hutan gugur; adalah ekosistem hutan yang berada di daerah-daerah subtropik dengan curah hujan sedang-tinggi. Daerah ini memiliki 4 musim yang berbeda, meliputi musim dingin, semi, panas, dan gugur.

  • ekosistem padang rumput; adalah daratan yang terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Wilayah persebarannya meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina dan Australia. Flora yang ada di daratan ini adalah Pohon Akasia, rumput, dan semak belukar. Sedangkan faunanya adalah antelope, harimau, ular, banteng, kanguru, dan rusa. Padang Rumput dapat dibedakan menjadi dua ekosistem, yaitu Savana (padang rumput yang diselingi popohonan), dan Stepa (padang rumput yang hanya ditumbuhi rumput dan semak belukar).

stepa - padang rumput yang hanya ditumbuhi rumput dan semak

savana - padang rumput yang diselingi pepohonan

  • Hutan Hujan Tropis; atau disebut juga hutan basah. terdapat di daerah tropika meliputi semenanjung Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Madagaskar, Australia Bagian Utara, Indonesia dan Malaysia. Di hutan ini terdapat beraneka jenis tumbuhan yang dapat hidup karena mendapat sinar matahari dan curah hujan yang cukup.

 

 

ekosistem perairan (aquatik)

 

ekosistem perairan dibedakan menjadi dua, yaitu ekosistem lentik (perairan tenang) dan perairan lotik (perairan bergerak).

perairan tenang (lentik) meliputi :

  • ekosistem laut lepas
  • ekosistem danau
  • ekosistem rawa (estuari/payau)

sedangkan perairan bergerak (lotik) meliputi :

  • ekosistem sungai
  • ekosistem pantai dan terumbu karang
  • ekosistem air terjun


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s