Keanekaragaman Hayati

Jamur

Jamur adalah bentuk kehidupan yang sederhana. Yang saling mengandalkan kerjasama dengan tumbuhan atau mahkluk hidup lainnya untuk makan dan bertahan hidup. Jamur tidak dapat diklasifikasikan menjadi tanaman maupun hewan.
Jamur juga ada yang berbahaya, contohnya jamur amanita muscaria yang dapat membunuh makhluk hidup yang memakannya, fungi ini sangat beracun!(mungkin untuk dosis tertentu tidak akan membunuh)
Jamur kebanyakan parasitisme. Mereka mencari makanan dari tumbuhan lain
Jamur juga ada yang bermanfaat bagi mahkluk hidup. Untuk hewan, hewan bisa memakan jamur yang tidak beracun. Manusia dapat memakannya juga. Jamur yang beracun bisa menyebabkan sakit perut, penyakit kulit, infeksi mulut dan telinga, terlebih KEMATIAN. §◘•◘§
Sedangkan yang menguntungkan manusia contohnya adalah jamur pensilin dan jamur ragi. Jamur pensilin bisa dipakai untuk obat sedangkan jamur ragi bisa dipakai untuk pengembang roti atau kue.
Daur hidup fungi adalah, Badan buah biasa(jamur dewasa yang bertudung). Jamur ini melepaskan spora-sporanya, lalu spora membentuk mesilium baru. Jaring-jaring mesilium itu akan meluas dan membesar. Setelah itu, jaring-jaring yang sudah berkembang membentuk badan buah. Badan buah akan membesar dan akan membuat jamur baru yang memiliki spora.
Spesies fungi yang unik adalah fungi earth star. Fungi ini bisa mengembang hingga terlihat seperti badan manusia atau bintang(lebih mirip alien sih)
Jamur bisa tumbuh hampir dimana saja. Yang normal tumbuh di batang pohon, lalu di tanah, atau di tumbuhan lain. Jamur tidak mempunyai klorofil, maka dari itu jamur menjadi parasit, agar bisa mendapatkan makanan.

Reptil

Reptil adalah hewan yang berdarah dingin namun hidup di daerah panas.
Contoh reptil yang sudah terancam punah adalah komodo.

Komodo adalah hewan yang kondisinya sangat langka sekarang. Komodo adalah hewan liar yang sekarang habitatnya dilindungi dan dibuat taman nasional. Mereka hidup di Taman Nasional Komodo di NTT(atau NTB?).
Komodo adalah hewan yang karnivora. Di Taman Nasional Komodo, mereka diusahakan untuk dikembangbiakkan. Tapi usaha itu tidak mudah karena komodo suka memakan satu sama lain. Apalagi saat bayi komodo lahir, bayi-bayi harus segera diamankan oleh petugas di sana karena kalau tidak, mereka akan dimakan oleh komodo dewasa(mungkin termasuk induknya).
Komodo pernah diusulkan untuk menjadi New Seven Wonders(pengumumannya belum). Air liur komodo juga sangat berbahaya. Jika tersentuh harus segera dibersihkan, banyak bakteri mematikan yang ada di liur itu. Dan jika liur komodo masuk dalam tubuh kita, itu bisa menyebabkan Kematian
Mamalia
Mamalia adalah hewan yang melahirkan dan menyusui. Mamalia bernapas menggunakan paru-paru. Contoh mamalia yang dilindungi adalah lumba-lumba dan paus bongkok.
Lumba-lumba adalah hewan air yang tergolong cerdas. Lumba-lumba bernapas dengan cara melompat keluar air dan menghirup oksigen. Lompatan seekor lumba-lumba bisa mencapai 6 meter! Lumba-lumba berkomunikasi menggunakan sonar. Bayi lumba-lumba yang baru lahir biasanya akn dibawa ke permukaan ai r agar mereka dapat bernafas dengan jernih. Bayi lumba-lumba dan induknya juga jarang berpisah. Jika terpisah induknya akan memanggil bayinya dengan sonar khusus.
Paus  adalah mamalia terbesar yang pernah hidup di bumi. Berat satu paus biru mencapai 135 ton dan panjang tubuh seekor paus biru bisa mencapai 30 meter. Paus bongkok memakan udang-udang kecil. Cara mereka makan udang adalah menghirup banyak air, lalu menyaring udang-udang dengan rambut-rambut sikat dalam mulutnya, karena sangat besar, mereka makan udang yang sangat banyak setiap hari. Untuk menghirup oksigen, paus biru harus naik ke permukaan udara dengan cara berkala.
ANISHA AYU PUTRI MAYANGSARI (Mayang)
Kelas: 7 Tough

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s